Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Contact us

Facebook users

Home → Mengatasi Android Yang Terkena Virus/Malware

Mengatasi Android Yang Terkena Virus/Malware

Mengatasi Android Yang aterkena Virus/Malware

Kesuksesan Android dalam dunia Mobile membuat banyak orang menggunakan SmartPhone yang mempunyai OS Android, namun dalam kesuksesanya Android sangat rentan dengan Virus/Malware yang bisa menyebabkan Android tersebut mengalami masalah saat digunakan.
Dalam artikel ini saya akan memberikan sedikit irformasi tentang Android yang terkena malware/Virus dan cara mengatasinya.
Ciri-Ciri Dari Android Yang Terkena Malware/Virus:
  • Konsumsi Baterai Akan Meningkat
Dalam keadaan normal pastinya kalian akan mengetahui berapa lama Baterai akan bertahan.
Namun seiring kalian menggunakan perangkat kalian, pasti akan bertanya-tanya kenapa baterai HandPhone saya sering sekali cepat habis? Nah tanpa kalian sadari bahwa Android kalian bisa jadi sudah terkena Malware/Virus.
  • Gangguan Panggilan & Dropped Call.
Dalam hal ini Malware/virus yang berhasil masuk ke Android kalian bisa dibilang cukup mengganggu, hal yang ditimbulkan bisa berupa terjadinya gangguan pada saat kalaian melakukan panggilan.
  • Pulsa Akan Cepat Habis.
Terdapat Malware/Virus yang bisa mencuri pulsa kalian, teknik yang biasa digunakan adlah mengirim SMS ke no kalian dengan tarif Premium dengan kata lain disaat kalian menerima SMS maka pulsa kalian akan terpakai secara otomatis.
Type Malware/Virus ini biasanya ada yang mengirimkan SMS sekali dalam sebulan, ada juga yang menghapus dirinya sendiri setelah menguras pulsa kalian. Maka ada baiknya jika kalian rajin mengecek pulsa kalian untuk mengetahui ada pengeluaran yang mencurigakan atau tidak.
  • Performa Android Menurun.
Dalam hal ini kalian harus melihat spesifikasi hadware perangkat yang bersangkutan,ada seuah Malware bisa membuat kinerja turun secara drastis. Bila hal itu terjadi kalian bisa memeriksanya dengan cara melihat konsumsi RAM atau Load Prossesor jika konsumsi RAM tidak wajar maka perangkat kalian sudah dipastikan terken aMalware/Virus.
  • Penggunaan Data Internet Naik Secara Tiba-Tiba.
Jika kalian ingin mengetehui apakah perangkat kalian terkena Malware/Virus maka kalian bisa memasang aplikasi pengukur kuota data, aplikasi ini bisa menunjujkan apakah perangkat kalian sudah terkena Malware/ Virus sekali gus mencegah kelebihan konsumsi data lewat penggunaan sehari-hari.

Jika kalian sudah mengenali perangkat kalian tersebut terkena Malware/Virus maka kalian bisa mengatsinya dengan cara berikut:
  • Menghapus Aplikasi Yang Terkait Dengan Malware/Virus.
Apabila kalian sudah mengetahui aplikasi yang mempunyai Malware/virus maka kalian cukup menghapus apliaksi tersebut atau kalian juga bisa melakukan "Factory Reset" untuk membersihkan memoeri perangkat.
  • Meningkatkan Keamanan.
Ada baiknya kalian menginstal aplikasi keamanan yang tersedia pada Google Play Store. Untuk pengguna kantoran bisa meminta bantuan kepada Departemen IT untuk membantu mengatsi permaslahan Malware sebelum membahayakan data perusahaan.
  • Mempertahankan Permission Setiap Aplikasi.
Langkah yang paling umum dilakukan adalah kalian benar-benar mempertahankan jenis permission yang diminta oleh tiap aplikasi Android. Banyak aplikasi yang meminta izin untuk melakukan hal-hal berbahaya, walaupun sebenarnya tidak diperlukan. Untuk itu bacalah permintaan permissions ini dengan teliti sebelum menyetujui permintaan tersebut "accept".

Catatan; OS Android yang sering terkena Malware/Virus adalah Android 2.2 (Gingerbread), 4.0 (Ice Cream Sandwich) & 4.1 (Jelly Beand).
BAGIKAN:

+1

0 Komentar untuk "Mengatasi Android Yang Terkena Virus/Malware"

Pengaturan Berkomentar

- Silahkan berkomentar sesuai artikel bisa berupa saran dan kritik,
- Anda juga bisa menggunakan gambar EMOTICON pada komentar,
- Mohon untuk tidak meletakan Link Hidup, Sara, Dan Spam.
- Sebisanya komentar anda saya balas dengan Cepat,
- Untuk mengetahui balasan komentar dari saya silahkan berlangan artikel. Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode